Ads 468x60px

Selasa, 05 Juni 2012

Mercedes-Benz Pilih Mengikuti Aturan GAIKINDO



Jakarta, Automotive Blog - Setelah sempat terancam dikeluarkan dari keanggotaan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) kini bisa bernafas lega. Induknya, Daimler AG di Jerman memperbolehkan MBI untuk memberikan data penjualan dan produksi bulanan kepada asosasi otomotif terbesar di Indonesia itu.

Berdasarkan informasi internal GAIKINDO, keputusan tersebut baru dikeluarkan pada 31 Mei 2012, tepat pada batas akhir yang ditentukan oleh asosiasi. "Mereka akhirnya mengalah dan ikut peraturan yang sudah ditetapkan GAIKINDO. Ini berlaku untuk semua anggota dan asosiasi tidak boleh pilih-pilih," ujar sumber itu kepada KompasOtomotif, akhir pekan lalu.

MBI dianggap melanggar peraturan GAIKINDO sejak menghentikan pasokan data mulai Oktober 2011. GAIKINDO kemudian memberikan waktu bagi MBI untuk negosiasi kembali dengan induknya atau dikeluarkan dari keanggotaan.

Dijelaskan, Mercedes-Benz Jerman bahkan mengirimkan surat kepada pemerintah yang ditujukan kepada Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian Suprijanto.

"Mereka sudah mendapat penjelasan Pak Suprijanto, tapi kemudian kembali mengirimkan pertanyaan serupa kepada Budi Darmadi (Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kemenperin) dan mendapatkan penjelasan yang sama," beber sumber itu.

Dengan keputusan ini, MBI dinyatakan tetap menjadi bagian dari keanggotaan GAIKINDO dan diminta segera melengkapi data produksi dan penjualan yang sempat kosong sejak Oktober 2011 sampai April 2012.


SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar