Ads 468x60px

Rabu, 02 Mei 2012

Bersama Merasakan Kemewahan All-New Camry (Bag 2)




Hibrida
Pada hari kedua diberi kesempatan mencoba Camry hibrida. KompasOtomotif duduk di belakang merasakan kenyamanan sebagai penumpang. Versi hibrida punya fasilitas lebih lengkap dibandingan bensin (tipe G).

Kedua sandaran jok belakang berlapiskan kulit, sandarannya dilengkapi dengan penyetel kemiringan sendiri-sendiri juga juga pemijat (relaxatiopn system). Untuk menyetel kemiringan sandaran jok, cukup menekan tombil yang berada di sandaran tangah atau panel yang berada di tengah kedua jok belakang yang dilapis panel kayu. Di panel ini, penumpang belakang juga bisa mengatur atau memilih “mode” audio.

Ciri khas lain dari All-New Camry Hybrid, indikator pada panel instrumennya berbeda dengan versi mesin, tidak ada tachometer. Indikator utama adalah speedometer, konsumsi bahan bakar dan mode “power” atau tenaga. Misalnya, Eco atau “EV” atau mobil dikemudikan dengan mengandalkan energi dari baterai (motor) listrik.

Sedangkan pada tongkat transmisi, selain posisi “ P, R, N dan D, tambahan lain adalah “B” yang berarti “brake”. Posisi terakhir digunakan untuk membantu pengereman saat menurun. Saat coba dioperasikan, tenaga mesin terasa “drop”.

Ciri khas lain, pada layar monitor di tengah, ditampilkan kondisi kerja sistem hibrida. Sebagai indikator pada kondisi ini, ditayangkan sistem informasi kerja sistem hibrida. Arah tenaga dari motor menuju ke as roda. Sebaliknya, begitu mobil diperlambat, atau direm, sebagaian energi ditayangkan dipindahkan ke baterai untuk disimpan.

Fitur lain
Fitur atau fasilitas yang menyertai All-Camry hibrida yang memberi kesan mewah lain adalah sistem keyless. Artinya, mesin dihidupkan atau dimatikan melalui tombol. Saat tombol buka pintu ditekan, gerakan pertama dari mobil ini adalah kaca spion yang membuka. Setelah masuk ke dalamnya, tombol start ditekan, giliran setir yang bergerak naik. Ketika mesin dimatikan, setir kembali ke bawah!

Fitur menarik lain adalah kamera mundur. Begitu, posisi gigi dipindahkan ke “P”, monitor langsung menayangkan suasana di belakang mobil. Sangat menbantu untuk pengemudi parkir.

Khusus untuk hibrida, Toyota memasang 8 speaker JBL Premium Green Edge yang menghasilkan suara yang bening. Tambahan lain, tirai (sunshade) yang dioperasikan dengan tombol. Sedangkan untuk kaca samping belakang dioperasikan secara manual.

Sedangkan di luar, Camry hibrida menggunakan lampu utama (dekat) berbeda dengan versi bensin. Pada tipe ini digunakan lampu LED proyeksi (konsumsi listrik lampu LED lebih rendah dari HID atau xenon). Sedangkan lampu jauh atau dim tetap halogen.

Konsumsi bbm
Konsumsi bahan bakar yang diperlihatkan pada mobil ini saat dicoba sangat bervariasi. Versi hibrida misalnya, 12,7 km/liter. Bahkan pada kondisi tertentu 8,7 km/liter. Setelah ditelusuri, ternyata mobil dibiarkan stasioner lama dengan AC bekerja dan tidak berada pada mode “Eco”. Sedangkan untuk mesin bensin, hasil yang diperoleh 7,8 km/liter.

Kesimpulan
Saat mencoba All-New Camry dalam waktu sangat singkat, tidak banyak yang dieksploitasi. Namun secara keseluruhan, mobil “menteri” ini memang terasa mewah dan hebat, khususnya bagi wartawan, yang umumnya bukanlah para general manajer atau pun direktur.


Sumber : KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar