Ads 468x60px

Kamis, 31 Mei 2012

Ferrari Gelar Lelang untuk Korban Gempa


Maranello, Automotive Blog - Ferrari menggelar lelang dalam bentuk online yang akan dimulai minggu depan, seperti yang diberitakan caradvice hari ini (31/5). Hasilnya akan didedikasikan untuk korban gempa yang terjadi di sekitar Modena, Italia. Gempa dengan kekuatan 5,8 skala richter ini telah menelan 10 korban jiwa dan ratusan cedera.

Barang barang yang bakal dijual antara lain 599XX yang sangat langka dengan harga 1,27 juta dolar atau Rp 11,4 miliar. Selain itu ada mesin V8 yang digunakan balap F1, baju balap dan helm yang disumbangkan oleh Fernando Alonso dan Felippe Massa. Ditambah lagi pernak pernik lain dari kenangan balap tahun-tahun sebelumnya dan beberapa merchandise yang dijual di Ferrari Store.

Langkah ini ternyata mendapat respon baik dari para penggemar, konsumen dan juga kolektor barang antik untuk tergerak membantu korban gempa. Bahkan tak sedikit pula yang menawarakan bantuan berupa sumbangan cuma-cuma.



SUMBER
Reade more >>

Santiko: Untuk Kategori III Pengaruhnya Tidak Terlalu Besar


Jakarta, Automotive Blog - Semakin dekat dengan dimulainya kebijakan Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan - menaikkan batas uang pangkal (DP) kredit kendaraan bermotor - membuat para pelaku bisnis otomotif nasional bertambah galau. Kali ini, perkiraan berasal dari pemain kendaraan niaga, yaitu PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).


"Sampai semester pertama (Januari-Juni 2012) berkakhir, kami rasa setidaknya bisa menjual 17.000 unit. Jumlah ini sesuai dengan target kami tahun ini yang dipatok 35.000 unit sampai Desember," beber Santiko.

Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI mengatakan, sama seperti kendaraan penumpang, tak kalah rentan mengalami penurunan akibat kebijakan tersebut adalah kendaraan komersial ringan. "Mereka adalah konsumen pikap dan truk ringan dengan modal yang tidak begitu kuat," beber Santiko di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan hari ini.

Untuk segmen kendaraan niaga kategori III dan seterusnya, justru agak kebal. Saat ini mayoritas konsumen Hino - pemimpin pasar di segmen truk kategori III - mengeluarkan DP sekitar 20 persen. "Konsumen truk besar - kategori III - adalah perusahaan dengan modal cukup kuat. Mereka terlalu pusing dengan kebijakan tersebut," beber Santiko.

Penjualan
Untuk penjualan, Hino mengaku terus mencatatkan pertumbuhan selama empat bulan pertama tahun ini. Periode Januari-April 2012, Hino berhasil mencatatkan peningkatan ritel 19 persen atau sudah mencapai 11.717 unit.

"Pada semester pertama (Januari-Juni 2012) berkakhir, kami sudah bisa menjual 17.000 unit. Jumlah ini sesuai dengan target kami untuk tahun ini yang dipatok 35.000 unit sampai Desember," beber Santiko.

Agar terget bisa dicapai, HMSI juga terus memperluas jaringan pemasaran dan layanan purna jual di seluruh Indonesia. Sampai kini, Hino telah memiliki 114 dealer 3S, 148 jaringan servis dan 1.529 toko penjualan suku cadang. "Sampai 2015, kami bertekad mendongkrak jaringan menjadi 170 dealer 3S, 270 bengkel resmi dan 1.700 toko suku cadang," tutup Santiko.



SUMBER
Reade more >>

Hino Siap Pasok Bus BBG dan Truk BBG


Jakarta, Automotive Blog - Menanggapi rencana pemerintah menggalakan penggunaan bahan bakar gas (BBG) untuk transportasi umum, PT Hino Motor Sales Indonesia yang memasarkan truk dan bus, siap menjalankannya. Khususnya, memasarkan truk dan bus dengan mesin berbahan bakar gas ke Indonesia.


"Salah satu kelemahan pengisian BBG pada kendaraan adalah waktu pengisian. Dengan fasilitas sekarang ini, untuk mengisi penuh tangki BBG satu bus TransJakarta berkapasitas 720 liter, butuh 20-30 menit. Bayangkan kalau ada 300 bus! Berapa lama antriannya," tegas Irwan

Hal tersebut disampaikan Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI yang baru saja menjabat mulai Januari 2012 di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (31/5/2012). "Kami sudah memasok 90 unit bus BBG untuk TransJakarta. Berarti kami sudah punya teknologinya dan siap pula memasarkannya. Syaratnya, peraturan jelas," tegas Santiko.

Dijelaskan, populasi truk BBG Indonesia masih sedikit. Jika pemerintah bertekad mengubah seluruh bus kecil (truk ringan) ke BBG, potensinya malah jauh lebih besar, yaitu 5 persen dari total pasar truk ringan di Indonesia. Saat ini konsumen masih kurang tertarik dengan BBG karena infrastruktur masih sangat terbatas.

"Untuk memasarkan jenis bus ini di Ibukota untuk trayek tertentu masih mungkin. Pasalnya, stasiun pengisian ada meski sangat terbatas. Tapi, kalau di luar kota, sangat sulit mendapatkannnya," lanjut Santiko. "Di Thailand," lanjutnya, "40 persen penjualan truk Hino sudah menggunakan BBG."

Infrastruktur
Irwan D Sutanto, Executive Officer Marketing HMSI menambahkan, penyebab utama rendahnya penjualan kendaraan niaga yang menggunakan BBG adalah infrastruktur. Saat ini ketersedaiaan stasiun pengisian BBG di Ibukota hanya ada lima. "Jumlah tersebut jelas tidak mencukupi," komentarnya.

Faktor lain juga harus diperhatikan oleh pemerintah - sering dianggap sepele tapi mendasar - adalah kualitas pompa atau selang. Pasalnya, langsung mempengaruhi efektivitas pengisian sehari-hari.

"Salah satu kelemahan pengisian BBG pada kendaraan adalah waktu pengisian. Dengan fasilitas sekarang ini, untuk mengisi penuh tangki BBG satu bus TransJakarta berkapasitas 720 liter, butuh 20-30 menit. Bayangkan kalau ada 300 bus! Berapa lama antriannya," tegas Irwan.



SUMBER
Reade more >>

Honda Gold Wing 2012 Punya Gigi Mundur (R)


Tokyo, Automotive Blog - Produsen sepeda motor Honda di Jepang mengumumkan akan meluncurkan Gold Wing 2012 di Malaysia, besok (31/5). Salah satu varian premium dari lambang sayap mengepak ini dibanderol 174.900 Ringgit Malaysia atau Rp 500 jutaan dengan dua pilihan warna Graphite Black dan Pearl Fadeless.

Moge ini merupakan model spesialis turing. Karenanya, ia mempunyai kapasitas bagasi lebih luas, yakni lebih dari 150 liter. Ditambah lagi, pusat tempat penyimpanan barang-barang pribadi seluas 2,8 liter.

Gold Wing ini menggendong mesin 6 silinder horizontal berkapasitas 1.832 cc yang berpendingin cairan. Juga dilengkapi teknologi PGM-FI yang rendah emisi dan responsif. Tenaga mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi lima percepatan.

Sesuai peruntukkannya sebagai moge turing, pada motor ini terpasang sistem audio surround sound dan dapat dihubungkan ke USB stick, iPhone atau iPod. Sistem itu juga sudah kompatibel dengan bentuk file WMA, MP3 dan AAC.

Dalam hal keselamatan, Gold Wing dibekali ABS dan CBS (Combined Braking System). Tidak hanya itu, jika pengendara ingin santai, kecepatan bisa disetel melalui cruise control elektronik ringan. Asyiknya, motor ini punya gigi mundur, tapi kecepatannya sangat rendah yang difungsikan dengan menekan tombol pada dasbor.


SUMBER
Reade more >>

Evalia Harapan Baru Nissan di Manca Negara


Beijing, Automotive Blog - Pemerintah China menyadari, bertambahnya populasi kendaraan menyebabkan konsumsi energi - khususnya minyak - juga terus meningkat. Untuk itu, selain mencari energi alternatif, juga dilakukan gerakan penghematan energi. Bahkan, pemerintah negara tersebut berencana menginvestasikan 2 miliar yuan atau Rp 3 triliun setiap tahun buat pengembangan kendaraan hibrida. Rencana tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Menteri Keuangan China, Zhang Shaochun Selasa lalu melalui situs resmi pemerintah China.

Untuk itu segera dipromosikan penggunaan bus hibrida di kota-kota besar. Menurut Zhang, pemerintah akan mendorong lembaga dan perusahaan menyediakan layanan publik, misalnya penyewaan mobil di 25 kota untuk uji coba kendaraan dengan bahan bakar alternatif. Pemerintah memperkirakan, populasi kendaraan di China naik tiga kali lipat pada 2020.

Saat ini, China sudah menyandang gelar sebagai negara importir minyak nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat. Negeri tirai bambu ini membeli lebih dari setengah kebutuhan minyak mentahnya dari luar negeri. Bahkan, kualitas udara pada 32 kota di China gagal mencapai standar WHO (World Health Organization) dan Beijing menjadi salah satu kota dengan tingkat polusi tertinggi di dunia.

Nantinya Kementrian Keuangan akan membebaskan kendaraan dengan energi alternatif dari pembatasan plat nomor dan penggunaan mobil di hari tertentu. Kementrian juga mendesak pemerintah kota untuk membuat kebijakan khusus parkir, tarif listrik dan tol, sambil mempercepat pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik.



SUMBER
Reade more >>

Magnus Walker, Penggila Porsche 911 dari Los Angeles


Los Angeles, Automotive Blog - Tidak banyak kolektor otomotif namanya dikenal secara global. Mereka malah cenderung menyembunyikan indentitas. Hal tersebut tak berlaku bagi Magnus Walker dari Los Angeles, California, Amerika Serikat.


"Porsche itu ya,..911. Model ini melegendaris. Porsche merupakan merek yang dibangun berdasarkan kesetiaan," beber Magnus.

Pria berpenampilan unik ini, ingin dikenal sebagai penggila Porsche, khusus untuk model 911 dan khusus produksi 1964 sampai 1973. Tidak tanggung-tanggung, koleksi Porsche 911 pria tesebut sudah mencapai 40 unit. "Saya sudah mengumpulkan seluruh model 911 produksi 1964 sampai 1972 dalam dua tahun. Mau tambah buatan 1973 dan sekarang," cetus Magnus yang dikutip carscoop (30/5/2012).

Magnus saat ini punya bengkel pribadi di Los Angeles, California khusus untuk merestorasi Porsche lawas ke kondisi orisinil. Ia tak berpikir panjang membeli beberapa mobil untuk dikanibal untuk membuat koleksi menjadi lebih menarik.


SUMBER
Reade more >>

GM Manfaatkan Ketenaran Manchester United


Shouthfield, Automotive Blog — Setelah memutuskan tidak lagi berpromosi di Facebook dan kejuaraan American Football, General Motors (GM) bermanuver dengan mendekati penggemar sepak bola dunia. Caranya menggandeng klub raksasa asal Inggris, Manchester United, sebagai penyandang dana (sponsor).


"Penggemar kami telah belipat ganda dalam lima tahun. Ini sangat penting bagi klub, bukan hanya untuk alasan partner komersil tapi juga memberikan kami pengertian, apa yang sebenarnya terjadi," jelas Richard Arnold, Direktur Komersial MU.

Menurut Autonews Europe (30/5/2012), rencana kerja sama itu disampaikan oleh Chevrolet dan MU ketika melakukan tur ke Shanghai, China. "Setan Merah" (julukan MU) dipilih GM untuk memperkuat citranya di Eropa dan dunia. Predikat juara 19 kali itu membuat GM jatuh cinta dan ingin ikut tenar. Ditambah lagi—berdasarkan survei Kantar—MU punya basis pendukung kuat di Asia, yaitu 659 juta penggemar, sehingga menjadikan klub sepak bola itu terbesar di dunia saat ini.

Joel Ewanick, Chief Marketing Officer GM, dikabarkan segera melakukan rapat di Detroit untuk mendorong Chevrolet segera mendukung MU. Belum ada informasi bentuk dukungan, apakah merek mobil AS itu akan terpampang pada t-shirt klub tersebut selama satu musin, atau bentuk lainnya.

"Penggemar kami telah berlipat ganda dalam lima tahun. Ini sangat penting bagi klub. Bukan hanya untuk alasan partner komersial, melainkan juga untuk memberikan kami pengertian kondisi sebenarnya," ungkap Richard Arnold, Direktur Komersial MU.

Di dunia, Chevrolet berhasil melego 4,76 juta unit tahun lalu, disokong oleh sedan kompak Cruze. Peningkatan pangsa pasar di Eropa berhasil diperoleh dengan kenaikan 14 persen menjadi 67.888 unit pada tahun lalu. Kini, GM menginginkan Chevrolet lebih besar lagi melalui sesuatu yang digemari publik Eropa.



SUMBER
Reade more >>

TVS Siapkan Radeon 125 CC


Delhi, Automotive Blog — Setelah beberapa lama tak terdengar, ternyata TVS sedang menyiapkan model baru. Namanya Radeon 125 cc dan sempat dipajang di Auto Expo 2012, New Delhi, awal tahun ini. Hal tersebut diketahui setelah salah satu unitnya diuji coba di India Selatan oleh seorang pembaca majalah otomotif India.

Diberitakan oleh Motorbeam (30/5/2012), Radeon merupakan sepeda motor komuter untuk segmen "entry level", yang bersaing dengan Bajaj Discover 125 ST. Sebenarnya, TVS sudah punya produk di segmen yang sama (125 cc), yakni Flame. Karena itu, muncul pula spekulasi bahwa model ini akan menggantikan Flame.

Radeon dikembangkan dengan desain mirip StaR City, bermesin 125 cc, satu slinder, berpendingin udara, menghasilkan tenaga yang cukup, dan irit bahan bakar. Tambahan lain, pelek palang enam 16 inci, jok kulit, sasis pipa baja, dan lengan ayun kotak.

Kendati belum ada informasi dari TVS, harganya diperkirakan 55.000 rupee atau Rp 9,2 juta per unit. Apa model ini juga bakal diboyong ke Indonesia? Ya harus menunggu!


SUMBER
Reade more >>

Selasa, 29 Mei 2012

Butuh 100 Tahun Rancang Supercar Ini

Mobil bernama MP4-12C ini melibatkan 750 ahli dalam produksinya.

Automotive Blog - Pabrik mobil supercar McLaren yang dibangun senilai 40 juta poundsterling diharapkan mampu membuat mereka memimpin pasar supercar dunia.

Selama satu abad terakhir, McLaren bekerja keras menghasilkan satu mobil super pertama. Mobil bernama MP4-12C ini melibatkan 750 ahli dalam produksinya.

Mobil yang dipasarkan seharga 170 ribu poundsterling atau sekitar Rp2,5 miliar diproduksi di pabrik McLaren, Woking, Inggris. Di pabrik ini, sebanyak seribu mobil siap diproduksi dan seribu mobil lainnya akan dibuat untuk memenuhi keinginan konsumen yang sudah menunggu selama 18 bulan.

Supercar pembunuh Ferrari ini dilengkapi serat karbon komposit pada bagian bodinya. Tentu ini membuat bobot mobil menjadi lebih ringan.

MP4-12C hanya membutuhkan waktu akselerasi 0-200 km/jam di bawah 10 detik. Sementara itu, waktu untuk berhenti 200-0 km/jam kurang dari 5 detik. Performa bengis ini dihasilkan mesin tengah McLaren M838T 3.8-liter V8 twin-turbo bertenaga 608 hp dan torsi 572 Nm.

Jika ingin memboyong supercar ini ke garasi rumah, Anda harus cepat membuat pesanan. Sebab, perusahaan berbasis di Inggris ini hanya akan memproduksi MP4-12C sebanyak 1.000 unit per tahun.







SUMBER
Reade more >>

'Hujan produk baru' Cadillac harus membalikkan geser penjualan


LOS ANGELES, Automotive Blog - Rasa kegembiraan (? Atau itu relief) jelas antara eksekutif Cadillac.

Karena menempatkan DTS dan sedan STS ke padang rumput tahun lalu, merek mewah General Motors telah tertatih-tatih dengan hanya tiga nameplates: garis CTS, SRX crossover dan SUV Escalade.

Ini lineup Cadillac kurus dalam beberapa dekade, dan hasil penjualan menunjukkannya. Bulan ini, Cadillac kemungkinan akan memperpanjang kemerosotan penurunan penjualan bulanan sampai delapan.

Hanya ada satu balsem untuk menyembuhkan semacam luka: produk segar. Dan Cadillac adalah untuk mendapatkan dosis besar, dengan dua kali lipat dari nameplates nya selama tahun depan atau lebih.

"Saya tidak ingin pergi melalui lembah itu lagi," kata kepala pemasaran Cadillac Don Butler sini saat peluncuran media sedan XTS, yang debut pada bulan Juni.

Debut XTS, Butler mengatakan, menandai "avalanche produk baru" untuk Cadillac:

• Sedan XTS adalah kembali ke akar Cadillac tentang "mewah besar," kata Butler. Sementara sarat dengan teknologi dan bahkan sentuhan kinerja beberapa - perhatikan kontrol naik magnetik dan rem Brembo - batang gua dan interior lapang harus tetap banyak DTS tradisional dan pembeli STS dalam kali lipat.

• Pada akhir musim panas, sedan sport ATS tiba. Ia memiliki kesempatan untuk menjadi pemimpin volume merek. Resepsi mobil akan pergi jauh ke arah menentukan nasib tujuan GM CEO Dan Akerson tentang mengubah Cadillac menjadi lokomotif global sejati setara dengan stalwarts mewah Jerman BMW, Mercedes dan Audi.

• Tahun depan, Cadillac mengharapkan untuk memulai ELR, yang akan menggunakan versi plug-in Chevrolet Volt yang powertrain hibrida. Yang mungkin menarik snickers dari pengamat kasual yang tahu Volt hanya sebagai kentang lemah laris panas politik.

Tetapi secara internal, para eksekutif GM ingin peluang yang ELR itu. Mereka beralasan bahwa pemujaan terhadap kepemilikan Volt - itu telah melahirkan papan pesan online di mana pemilik mencoba ke atas satu sama lain untuk jangka yang lama antara perjalanan ke pompa bensin - bisa diterjemahkan dengan baik ke pembeli Cadillac, yang tidak akan bergeming keras di harga tag.

Lalu ada Escalade didesain ulang, karena keluar tahun depan. Dan generasi berikutnya dari CTS, yang harus tiba lebih panjang dan lebih ramping - berpikir BMW 5-series tempur - pada tahun 2014.

Apa sisa longsoran salju terlihat seperti? GM tidak mengatakan. Tapi crossover tiga baris depan besar pada platform yang mendukung Daerah Kantong Buick dan GMC Acadia merupakan taruhan yang cukup bagus. Dan bahkan mungkin crossover kecil untuk melawan Q3 Audi dan BMW X1.

Lebih jauh: dalam industri Kebanyakan mengharapkan GM untuk akhirnya menarik pelatuk pada sedan berbagai-topping, rear-wheel-drive yang akan stiker utara dari $ 100.000.

Tidak heran Cadillac eksekutif telah diam-diam memberitahu dealer untuk merencanakan dua kali lipat dari penjualan mereka selama beberapa tahun mendatang.

Sedikit optimis? Bisa jadi. Tapi seperti telah disebutkan, satu hal yang pasti, sumpah Butler:

"Kami tidak akan melalui lembah itu lagi."


SUMBER
Reade more >>

Toyota Prius gudang Status niche, kubah menjadi global atas 3 penjual



LOS ANGELES, Automotive Blog - sebuah keanehan ceruk ketika mulai dijual 15 tahun lalu, melonjak ke baris ketiga di dunia mobil terlaris pada kuartal pertama karena permintaan AS dan insentif di Jepang berubah hibrida menjadi utama memukul.

Penjualan Prius lebih dari dua kali lipat seperti Toyota diperpanjang nama dengan "keluarga" empat model kendaraan pada saat yang sama bahwa rabat dan potongan pajak di Jepang menghemat pembeli setara dengan $ 2.500 atau lebih.

Pada kuartal tersebut, penjualan melonjak menjadi 247.230, trailing hanya Toyota Corolla, pada 300.800, dan Ford Motor Co 277.000 penjualan Fokus.

Gelombang Prius, setelah dua tahun penarikan kembali dan gangguan produksi, didorong kembali ke Toyota memimpin penjualan global untuk tiga bulan pertama tahun ini.

Garis hibrida juga memberikan merek Toyota tiga dari 10 model teratas dalam Status Serikat sejauh ini tahun ini, termasuk menengah nya Camry.

"Ini membuktikan Prius tidak kebetulan, bahwa ada pasar jangka panjang untuk hibrida," kata Eric Noble, presiden Lab Mobil, sebuah konsultan otomotif di Orange, California

Setelah terjadinya gempa tahun lalu dan tsunami yang dipotong bagian dan produksi otomatis untuk pembuat mobil Jepang, pemerintah pada bulan Desember mulai mendorong pembelian mobil hemat bahan bakar untuk membalikkan kendur pengiriman domestik.

Rabat dari sebanyak 100.000 yen ($ 1,258) yang tersedia dari dana 300 miliar yen untuk mobil berkualitas, termasuk hatchback Prius, gerobak, plug-in dan subkompak Aqua, dijual di AS dan di tempat lain sebagai c Prius.

Penghematan pajak lebih mengurangi harga beli dengan 100.000 lainnya yen atau lebih. Harga rata-rata untuk Prius di Jepang adalah sekitar 2,5 juta yen dan sekitar $ 25.000 pada AS

Panas sedikit mobil

Aqua telah menjadi mobil saat itu di Jepang, membantu lebih dari tiga keluarga penjualan Prius di negara itu untuk 175.080 pada kuartal pertama, dari 52.507 tahun lalu.

Sementara dana untuk rabat dapat berjalan pada bulan Juli jika pemerintah tidak memperpanjang mereka, pengurangan pajak terus sampai 2015. "Senang bahwa pengenalan Aqua dan awal subsidi pemerintah terjadi hampir pada saat yang sama," kata Koichi Sugimoto, analis senior di BNP Paribas di Tokyo, yang merekomendasikan bahwa investor memiliki saham Toyota.

Dia menambahkan bahwa ada lebih sukses daripada insentif pemerintah.

"Toyota memperkenalkan kendaraan yang baik dan dengan asumsi itu akan mempertahankan volume tertentu bahkan setelah berakhirnya subsidi," katanya. Garis Prius atasnya model mobil lainnya volume tinggi termasuk Hyundai Motor Co 's Elantra, Volkswagen AG 's Golf, Ford Fiesta, General Motor Co' s Cruze dan Honda Motor Co 's Civic, menurut perusahaan.

Global yang memimpin

Toyota peringkat sebagai pembuat mobil terbesar di dunia dengan penjualan 2008-2010, sebelum bencana alam dikupas produksi global dan pengiriman.

Penjualan Toyota, Lexus, Scion, Hino dan kendaraan Daihatsu tumbuh 18 persen menjadi 2.490.000 pada kuartal ini, Toyota mengatakan dalam sebuah pengajuan AS peraturan bulan ini.

Itu meletakkannya di depan GM 2,28 juta dan VW 2,16 juta, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

CEO Akio Toyoda mengatakan perusahaan yang didirikan oleh kakeknya adalah "mengubah sudut" setelah beberapa tahun sulit. Perusahaan ini mengalami rekor mengingat pada tahun 2010 di Amerika Serikat, pasar tunggal terbesar, untuk lantai tikar dan gas-pedal kelemahan yang menyebabkan percepatan yang tidak diinginkan.

'Jelas datang kembali'

"Anda melihat sebuah perusahaan yang jelas datang kembali," kata Efraim Levy, analis ekuitas Standard & Poor Modal IQ di New York. "Untuk Prius untuk menjual dalam jenis volume, sesuatu yang menjadi produk niche, itu prestasi."

Sejak awal penjualan Prius di Jepang pada tahun 1997, Toyota telah menjual 4 juta hibrida-listrik kendaraan di seluruh dunia, termasuk 1,5 juta di Amerika Serikat, perusahaan mengatakan pada 22 Mei.

Di Amerika Serikat, biasanya pasar atas Toyota Prius untuk, penjualan melonjak 42 persen pada kuartal pertama, dan 56 persen hingga April mencapai rekor 86.027.

US penjualan model sejak diperkenalkan 2000, termasuk variasi baru, total 1,18 juta kendaraan, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Penjualan global meningkat 125 persen.

Prius menetapkan standar keberhasilan untuk mobil bertenaga alternatif, termasuk Nissan Motor Co 's-listrik Daun dan GM Chevrolet Volt, yang memiliki generator gas pembakaran di kapal untuk memperluas jangkauan dari mobil listrik-drive.

Laju penjualan Prius tidak mungkin untuk dicocokkan segera oleh model hybrid lain, kata John Wolkonowicz, analis independen di Boston yang mengkhususkan diri dalam sejarah otomotif.

Mendefinisikan segmen

"Ini fenomena yang kita lihat dengan Chrysler dan minivan: Ini dibawa keluar minivan pertama dan setelah bertahun-tahun, Chrysler masih minivan penjualan pemimpin," katanya. "Prius adalah hybrid pertama di blok."

Popularitas global Garis Prius menyediakan manfaat pemasaran, Wolkonowicz kata.

"Menjadi Nomor 1 adalah penting untuk tujuan periklanan, tetapi memberikan faktor kenyamanan itu, untuk Prius, bisa signifikan," katanya. "Ini menyediakan 'mengapa membeli?" alasan bagi pelanggan yang mungkin di pagar. "

Paling laku kendaraan garis di Amerika Serikat selama 30 tahun terakhir telah F-Series Pickup Ford truk, yang mencakup F-150, F-250 dan model lainnya.

Toyota Camry telah menjadi mobil terlaris di Amerika Serikat selama 10 tahun.

Keputusan Toyota untuk memberikan mobil bentuk irisan khas yang beberapa mobil penggemar tidak suka juga menjadi keuntungan jangka panjang, Wolkonowicz kata. "Bahkan nenek yang tidak tahu mobil tahu apa Prius adalah," katanya.

Semua orang hijau mobil

Daya tarik Prius memiliki banyak untuk dengan bagaimana hal itu sekarang menjadi merek de facto dalam Toyota, diposisikan sebagai pilihan utama "hijau", seperti ekonomi bahan bakar yang sebenarnya mobil, Noble mengatakan.

"Prius adalah yang pertama dan yang kedua Prius Toyota," katanya. "Fakta yang dilakukannya baik tahun ini adalah refleksi dari kekuatan garis model dan merek Prius."

Sementara tingkat saat ini menunjukkan AS driver mungkin ingin membeli 250.000 atau lebih model Prius pada 2012, wilayah ini tidak mungkin mendapatkan lebih dari yang direncanakan 220.000 unit.

"Saya sudah memerintahkan produksi tambahan," kata Bob Carter, Toyota kelompok wakil presiden penjualan AS, dalam wawancara 7 Mei. "Saya yakin kita akan mendapatkan produksi tambahan, tetapi secara global kita melihat permintaan tinggi, terutama di Jepang."

Bensin harga di Amerika Serikat rata-rata $ 3,68 per galon pada 22 Mei turun 6,6 sen dari $ 3,94 pada 5 April.

Penurunan biaya akses tidak mendukung penjualan hibrida, kata Wolkonowicz.

"Anda akan melihat penjualan hibrida drop lagi di AS sebagai harga gas jatuh," katanya. "Penjualan Hybrid tidak akan benar-benar lepas landas di Amerika Serikat sampai kita mendapatkan gas sampai $ 5 dan tetap."

Penerimaan Amerika Toyota penyimpan tergelincir 0,5 persen menjadi $ 76,80 pada penutupan 25 Mei di New York. Mereka telah meningkat 16 persen tahun ini sampai 25 Mei.


SUMBER
Reade more >>

Mobil Mark Webber Dituding Langgar Regulasi


Automotive Blog - Keberhasilan Mark Webber memenangi F1 Monaco (27/5) berbuntut tidak mengenakkan. Muncul spekulasi, kemenangan pebalap Red Bull Racing berpotensi menuai protes dari tim lawan, seperti dari Ferrari, McLaren, dan Mercedes berkaitan dengan legalitas mobilnya.

Ketiga tim mengincar bagian belakang mobil. Terutama, lubang di lantai di depan roda belakang RB8 yang dikemudikan Webber, dinilai tidak sesuai dengan regulasi. Sementara, pada mobil-mobil lain juga ada lubang yang berada di samping dengan kondisi tidak sepenuhnya tertutup.

Usai balapan, memang ada pembicaraan soal lubang di RB8 dan bahkan Ferrari dan McLaren akan mengajukan protes. Namun, sampai panitia mengeluarkan hasil lomba, tak ada satu pun layangan surat protes ke panitia.

Tapi, McLaren dan Ferrari mengatakan bahwa mereka antusias untuk mendapatkan klarifikasi tentang lubang tersebut, paling cepat sebelum balapan berikut di Kanada. "Saya mendengar tentang itu (isu lubang) ketika dalam diskusi dan pasti kita membutuhkan klarifikasi tentang hal itu," jelas pimpinan tim Ferrari Stefano Domenicalli.

Di pihak lain, Martin Whitmarsh dari McLaren mengatakan dirinya tidak mau mengomentari mobil orang lain. Itu urusan FIA untuk membuat keputusan, tapi kalau bisa sudah diselesaikan sebelum balapan berikutnya.

Bos RBR Christian Horner coba membela diri. Dikatakannya, timnya telah memiliki persetujuan penuh dari FIA kalau desain tersebut legal. "Saya akan kecewa kalau sampai ada protes," komentarnya. Ditegaskannya, kalau perubahan itu telah berkonsultasikan dengan FIA. Dan pihaknya telah punya pendapat secara tertulis yang menyatakan penafsiran, sehingga akan mengecewakan jika ada protes.


SUMBER
Reade more >>

Ducati Dulang 1 Juta Penggemar dari Facebook


Bologna, Automotive Blog - Gempa bumi yang melanda Italia, baru-baru ini, tidak mengganggu program dan rencana Ducati. Produsen sepeda motor gede (moge) dari negeri Pizza tetap melangsungkan perayaan aspirasi pembaca "Like" pada laman resmi Ducati di situs jejaring sosial Facebook yang jumlahnya mencapai 1 juta orang di seluruh dunia. Mereka yang sudah berpartisipasi diberi video khusus berdurasi 2 menitan, isinya berupa markas pabrik di Bologna, Italia. Konsepnya, konsumen seperti datang berkunjung.

Beberapa fasilitas diperlihatkan di sana, mulai suasana museum mini, lini produksi, desain, sampai jejeran beberapa produk aksesori ofisial Ducati. Tak ketinggalan, Ducati menyisipkan kata "terima kasih" dalam 12 bahasa di seluruh dunia, yang masuk berpartisipasi dalam akun facebook.

Penggemar Ducati berasal dari 20 negara, termasuk Indonesia yang tercatat dalam enam besar. Berikut rinciannya, Italia 278.151 orang, India (113.735 orang), USA (89.430), Perancis (49.353), Malaysia (37.789), Indonesia (36.319), Spanyol (29.735), Jerman (25.315), Inggris (25.102), Meksiko (16.893), Yunani (16.187), Thailand (14.742), Australia (14.679), Filipina (12.840), Kolombia (10.413), Serbia (8.696), Belgia (8.542), Taiwan (8.365), Kanada (7.950) dan Brasil (7.948).

Mau tahu seperti apa videonya ? Simak tayangan berikut ini!



SUMBER
Reade more >>

Mercedes-Benz C-Class 2014 Adopsi Mesin Hibrida


Stuttgart, Automotive Blog - Mercedes-Benz (MB) telah menyiapkan C-Class 2014 dengan desain terbaru yang memancarkan aura sporty dan mewah. Autobild mengabarkan, MB mengklaim C-Class ini merupakan model tercanggih yang pernah diproduksi selama 21 tahun dalam sejarah pabrikan bermarkas di Stuttgart. Pihaknya telah menyiapkan jantung pacu spesial dengan kapasitas lebih kecil. Untuk varian tertinggi akan dikawinkan dengan motor listrik.

Tak hanya itu, model yang akan menggunakan kode produksi W205 telah menemukan racikan yang pas. Termasuk pemilihan fitur, beberapa yang canggih dari varian tertinggi S-Class akan dipindahkan. MB juga telah menemukan harga yang pas mulai 33.500 euro atau sekitar Rp 402 juta. Saat ini C-Class 2014 tengah menjalani serangkaian tes di Jerman.

Langkah tersebut akan diikuti E Class yang dipersiapkan muncul pada 2015. Bedanya, model ini akan menggunakan serat karbon seperti sudah diterapkan pada SLS AMG.


SUMBER
Reade more >>

Produsen Mobil Jepang Bergairah Lagi


Tokyo, KompasOtomotif - Para produsen mobil di Jepang berhasil meningkatkan produksi dan penjualan domestiknya berkat telah pulihnya rantai pasokan komponen dari kondisi terburuk tahun lalu akibat bencana alam.

"Saya hanya berharap tahun ini lebih tenang dan menjadi tahun yang aman," ujar Akio Toyoda, Presiden Direktur TMC.

Seperti dilansir kantor berita Dow Jones (29/5/2012), Toyota Motor Corporation mengatakan produksi domestiknya meningkat lima kali lipat pada April menjadi 275.761 unit dibandingkan bulan yang sama tahun lalu. Jumlah ini menjadi yang terbesar selama lima bulan pertama tahun fiskal 2012. Nissan Motor Company yang melaporkan peningkatannya sampai 94 persen dengan produksi 85.734 unit mobil. Sedangkan Honda terdongkrak enam kali lipat menjadi 87.049 unit dibandingkan April 2011.

Besarnya peningkatan produksi dikarenakan sebelumnya pihak produsen tidak bisa memproduksi maksimal lantaran porak-poranda akibat gempa bumi dan tsunami. Diperparah lagi, Thailand dihajar banjir. Toyota dan Honda melaporkan penurunan produksi terburuk 78 persen dan 81 persen, sedangkan Nissan ambles sampai setengahnya. Dan baru akhir tahun lalu mereka mulai bangkit.

Para produsen berharap tahun ini bisa mendongkrak produksi meskipun masih terus dihantui kenaikan nilai tukar Yen. "Saya hanya berharap tahun ini lebih tenang dan menjadi tahun yang aman," ujar Akio Toyoda, Presiden Direktur TMC.

Penjualan
Toyota juga mengumumkan penjualan di Jepang naik tiga kali lipat sepanjang April menjadi 107.826 unit. Lonjakkan permintaan pada mobil hibrida dan kendaraan ramah lingkungan terjadi karena pemerintah masih memberlakukan insentif pembelian. Untuk ekspor, Toyota mencatatkan 189.050 unit pada periode yang sama, juga menunjukkan pertumbuhan positif.

Nissan mengaku penjualan domestiknya naik 64 persen menjadi 39.413 unit sedangkan ekspor melonjak tiga kali lipat hingga 52.660 unit. Honda menjual 55.500 unit dan ekspor 217.977 unit, juga naik tiga kali lipat.

Seluruh prinsipal otomotif berharap pemerintah Jepang tetap melanjutkan insentif pembelian untuk mempertahankan penjualan positif sampai September.


SUMBER
Reade more >>

Daihatsu Indonesia "Recall" Gran Max dan Sirion


Jakarta, Automotive Blog — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan kampanye perbaikan massal (recall) terhadap 48.703 unit Gran Max dan 3.227 unit Sirion di seluruh Indonesia demi keamanan dan keselamatan konsumen.

Menurut evaluasi Daihatsu Motor Company (DMC) Jepang, pada Gran Max berpotensi terjadi keretakan di dudukan ban serep yang terletak di bagian bawah bodi mobil. Dengan usia kendaraan yang terus bertambah dan penggunaan di jalan bergelombang, kemungkinan terburuk ban serep bisa lepas dan membahayakan pengguna jalan lain, apalagi dalam kecepatan tinggi.

ADM memastikan bahwa sampai kini belum ada kejadian yang dialami konsumen. Gran Max yang terindikasi bermasalah berjumlah 36.988 unit model pikap produksi 2007-15 Oktober 2010, 11.715 unit Minibus, dan Blind Van produksi 2007-23 Oktober 2008.

Sedangkan Sirion terindikasi ada tetesan air yang keluar dari selang pembuangan AC yang membasahi bagian luar steering rack. Kalau terus dibiarkan, akan menimbulkan karat dan mengganggu fungsinya. Total 3.227 unit Sirion produksi Januari 2008-Maret 2011 yang diduga mengalami masalah ini.

Semua pelanggan di Indonesia diminta segera menghubungi Daihatsu Access (kode area)+ 500898 untuk mengatur jadwal perbaikan di bengkel resmi. Seluruh perbaikan dilakukan cuma-cuma alias gratis! Untuk perbaikan Gran Max dibutuhkan waktu sekitar 60 menit dan untuk Sirion diperlukan 50 menit.

"Recall ini merupakan bentuk tanggung jawab Daihatsu di Indonesia yang mengutamakan kenyamanan dan keselamatan pelanggan," komentar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM, di Jakarta, Selasa (29/5/2012).


SUMBER
Reade more >>

Lexus GS Coupe Hibrida Meluncur Tahun Depan


California, Automotive Blog - Lexus memastikan bakal menghadirkan varian baru GS Coupe 2014 tahun depan. Langkah ini diambil untuk menggantikan posisi SC 430 kupe yang dihentikan produksinya pada 2010.

Musim panas lalu, divisi perencanaan produk Lexus Amerika Serikat (AC) mengatakan, proyek ini memiliki nilai emosi yang tinggi. Sementara itu, Karl Schlicht, Kepala Perencanaan Produk Lexus Global, menegaskan, "Merek membutuhkan kupe sporty di antara jajaran sedan dan MPV."

Pernyataan tersebut didukung pula oleh penuturan Mark Templin, Kepala Lexus AS yang menginginkan kupe sport dengan harga antara 60.000 - 70.000 dolar AS atau setara dengan Rp 540 - 630 juta. Dengan begitu GS Coupe akan menjadi varian tertinggi. GS termahal seharga 60.000 dolar AS. Di segmen, Lexus ini akan berhadapan dengan Audi A5, BMW Seri 6 dan Mercedes-Benz E Class Coupe.

Kendati belum dipastikan, mobil mewah ini akan menggunakan mesin GS 450h, yaitu 2GR-FXE, V6, 3.5-liter, DOHC lengkap dengan katup ganda dengan waktu buka-tutup dan tinggi angkat yang bisa diubah. Tenaga yang dihasilkan 290 PS dplus motor listrik 52 PS.


SUMBER
Reade more >>

Subaru Bertahan di Jepang!


Tokyo, Automotive Blog - Di saat produsen mobil lain berlomba-lomba mengalihkan produksi ke luar negeri, Fuji Heavy Industries Limited yang memproduksi Subaru, justru sebaliknya. Subaru mengumumkan akan menggenjot produksinya sampai 28 persen menjadi 598.000 unit pada tahun fiskal 2012 (berakhir Maret 2013) di Jepang.

"Jika melakukan ekspansi besar, misalnya Amerika Serikat (pasar terbesar Subaru) dengan mendirikan pabrik baru, dipastikan membutuhkan dana sangat besar. Sedangkan kami tidak seperti Toyota, Honda atau Nissan, tiba-tiba melakukan investasi besar," komentar Mitsuru Takahashi Chief Financial Officer Subaru yang dikutip autonews, akhir pekan lalu.

Keputusan ini membuat Subaru menjadi satu-satunya produsen mobil Jepang yang tidak berniat menambah penjualan di luar Jepang. Subaru juga harus siap menghadapi kondisi terburuk dengan terus menguatnya nilai tukar yen, sampai saat ini sudah meningkat 40 persen dalam empat tahun.

"Tindakan yang harus dilakukan adalah menambah lokalisasi di pasar terbesar. Saya tidak bisa memprediksi, apakah yen melemah dalam waktu dekat. Juga, apakah lokalisasi yang rendah berpengaruh negatif bagi produsen dalam waktu dekat atau jangka panjang," beber Yuuki Sakurai, CEO Fukoku Capital Management Inc. di Tokyo.

Subaru juga tercatat sebagai satu-satunya produsen Jepang yang punya porsi penjualan terbesar di negaranya. Bahkan, Subaru memutuskan untuk mengurangi produksinya 1 persen di Indiana, Amerika Serikat menjadi 169.000 unit.

Berbeda dengan Toyota Motor Corporation yang mempertahankan produksi 3 juta unit di Jepang dan terus ekspansi di luar negeri termasuk di Indonesia, Rusia dan AS. Nissan juga melakukan hal serupa, mempertahankan produksi domestik sekitar 1 juta unit dan meningkatkan kapasitas di luar termasuk Meksiko, Brasil dan kawasan Asia Tenggara. Honda juga menambah produksi di Asia Tenggara dan Amerika Utara.


SUMBER
Reade more >>

SBY Canangkan Program Mobil Ramah Lingkungan




Jakarta, Automotive Blog - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengumumkan program mobil ramah lingkungan di Indonesia, Selasa (29/5/2012) ini. Program Hemat Energi itu merupakan bagian dari strategi pemerintah Indonesia untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil dan berusaha mencari alternatif.


"Besok malam Presiden akan mengumumkan program ini ke seluruh Indonesia," ujar Hidayat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perindustrian MS Hidayat setelah menghadiri Rapat Kerja Menteri Perindustrian dan Komisi VI DPR-RI di Senayan, Jakarta Selatan, keamarin (28/5/2012). "Besok malam Presiden akan mengumumkan program ini ke seluruh Indonesia," ujar Hidayat.

Dijelaskan, program kendaraan ramah lingkungan akan dibahas berbagai metode mengurangi ketergantungan sektor transportas terhadap bahan bakar minyak, antara alin low cost and green car, mobil hibrida, diesel canggih dan bahan bakar nabati (biofuel).

Program pertama yang digulirkan pemerintah adalah konversi BBM ke gas yang dilakukan pada seluruh kendaraan angkutan. Alat konversi segera diimpor dari negara yang sudah puluhan tahun menggunakannya, yaitu Korea Selatan dan Italia. Jumlahnya, 10 persen dari total kebutuhan di Indonesia, yaitu sekitar 25.000 - 30.000 unit.

"Kami juga mengajak BUMN untuk menjalin kerjasama memproduksi alat konversi ini di Indonesia. Paling penting, produk ini tidak boleh berisiko sama sekali, " tegas Hidayat. Untuk ketersediaannya di stasiun pengisian gas, Pertamina akan melengkapi peredaran BBG pertama di Jabodetabek, setelah itu di seluruh Pulau Jawa.

Mobil Listrik
Dalam program penghematan energi itu juga akan diumumkan rencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil ramah lingkungan, mulai dari teknologi hibrida sampai listrik murni.

"Pekan lalu kami sudah mengumpulkan lima rektor perguruan tinggi ternama di Indonesia dan mulai menyimpulkan road map. Mudah-mudahan pada 2016, program ini bisa bergulir," beber Hidayat.

Masalah utama yang dihadapi dalam pengembangan mobil listrik adalah infrastruktu. Saat ini belum stasiun tempat pengisian ulang baterai umum. Untuk tahap awal, mobil atau sepeda motor listrik akan digunakan di kompleks-kompleks tertentu dan belum langsung digunakan di jalan.

"Sampai sekarang, mobil listrik di dunia sangat kecil jumlahnya. Umumnya digunakan untuk kebutuhan komersial atau masih tahap uji coba. Kelebihannya, sangat ramah lingkungan karena tidak menggunakan BBM sama sekali," lanjut Hidayat.


SUMBER
Reade more >>

Livina Bergaya Fairlady





Jakarta, Automotive Blog - Karena merasa penampilan Nissan Livina X-Gear lansiran 2009 tidak sesuai dengan jiwa mudanya, Philbert Lowell (18) - mahasiswa jurusan hukum UPH (Universitas Pelita Harapan) - harus memodifikasi mobil tersebut. Pilihannya, ingin mobil sport, yaitu Nissan Fairlady.

"Tampang Fairlady unik dan sporty. Belum pernah ada modifikasi Livina seekstrem ini," jelas pengurus klub Minus itu tentang pilihannya. Untuk itu, gril dan bumper depan asli dicopot. Gantinya, bemper model sekarang yang dibuat dari kaca serat (fiber glass) dan tampak serasi bersanding dengan gril model sarang tawon. "Kesulitan mendapatkan desain bumper depan seperti ini, proses pembuatannya membutuhkan waktu lama," jelasnya.

Pemakaian bodi kit tidak hanya di depan saja, juga di samping dan belakang, yaitu side skirt dan bumper. Juga ada tambahan difuser hitam dof yang tampak apik bersanding bersama mufler HKS Silent Hi-Power. Tambahan lain, sayap depan yang membuat sosok sport Livina ini makin kental.

Penampilan Livina ini juga semakin sangar karena lampu depan diganti dengan xenon 8.000 Kelvin tipe proyektor yang dikombinasikan dengan dengan LED angel eyes orange. Untuk menambah daya tarik lainnya, lampu LED orange dipasang pula di kolong dan interior. Kaki-kaki juga diganti. Antara lain pelek palang 11 dari Gio 1531 R18 PCD.

Interior juga diganti, khususnya panel-panel dengan penampilan karbon. "Saya belum puas sampai tahap ini, Masih banyak kekurangan dan ingin lebih ekstrim lagi," ujarnya.

Bagian yang dianggap masih harus diperbaiki adalah desain bumper depan. Menurutnya, desain sekarang memang unik tapi karena tidak ada gril tengah. Namun mesin jadi cepat panas. Untuk itu, rencana selanjutnya adalah membuat saluran udara pada kap mesin.



SUMBER
Reade more >>

Mobil Mikro Jadi Cikal Mobnas Indonesia




Jakarta, Automotive Blog - Selain merumuskan program mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car) serta hibrida, pemerintah ternyata juga tidak melupakan produsen nasional. Bahkan, pemerintah sengaja menciptakan pasar khusus untuk digarap oleh produsen nasional dengan program "Mobil Mikro" untuk segmen di rentang mesin 600 - 900 cc.


"Perlu ada batasannya, misalnya berapa persen komponen dalam negerinya. Atau dirumuskan seperti apa," beber Hari.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, khusus untuk produsen mobil nasional diarahkan untuk mengisi segmen kendaraan angkutan murah dan bisa dimodifikasi untuk membawa barang. "Kami menghimbau ATPM supaya tidak ikut menggarap segmen itu," jelas Hidayat dalam Rapat Kerja Menteri Perindustrian dan Komisi VI DPR-RI di Senayan, Jakarta Selatan, hari ini (28/5/2012).

Dengan produk ini, diharapkan produsen nasional bisa menyasar ke konsumen "entry level" khususnya warga pedesaan. Selain itu, produk ini diharapkan bisa meningkatkan kinerja ekonomi masyarakat sub-urban sekaligus kesejahteraan hidup mereka.

'Beauty Contest'
Mohammad Sohibul Iman, anggota Komisi VI DPR-RI dari fraksi PKS mengusulkan, agar produsen mobil nasional punya daya saing, dibutuhkan dukungan dari pemerintah. Pasalnya, industri otomotif memerlukan basis teknologi yang kuat dan investasi besar.

"Harus tetap ada skala ekonomi. Bisa dilakukan dengan 'beauty contest' bagi seluruh produsen nasional untuk mendapatkan sokongan pengembangan teknologi dari pemerintah, dalam bentuk apapun," ujar Iman. Dijelaskan, mekanismenya setiap produsen dimintai strategi, rencana termasuk sokongan dana dan bersedia diadu dengan produsen lain.

"Tiga produsen terbaik dipilih untuk mendapatkan dukungan ini. Dengan evaluasi berjangka, kalau tidak perform, diganti dengan produsen lain," papar Iman.

Definisi
Hari Kartana, anggota DPR Komisi VI dari Fraksi Demokrat, menegaskan pemerintah harus mendefinisikan apa yang dimaksud dengan mobil nasional (mobnas). Definisi yang jelas pada istilah ini membuat arah kebijakkan yang disiapkan pemerintan tidak salah sasaran.

"Perlu ada batasannya, misalnya berapa persen komponen dalam negerinya. Atau dirumuskan seperti apa," beber Hari.

Menanggapi hal ini, MS Hidayat menegaskan, definisi "mobil nasional" merupakan buah dari sejarah Timor - era orde baru- yang dicitrakan ke media. "Sampai kini kami masih hati-hati membuat kriteria mobnas. Harus bisa diakomodasi dan tetap realistis. Kriterianya jangan sampai melanggar kesepakatan WTO (Lembaga Perdagangan Dunia), tambah Hidayat.



SUMBER
Reade more >>

Taklukkan Jalan Pantai Sundak dan Gunung Merapi





Yogyakarta, Automotive Blog - Sebelum diluncurkan pada 7 Juni mendatang, PT Nissan Motor Indonesia memberi kesempatan kepada sekitar 40 wartawan untuk menjajal Evalia 1.5, andalan Nissan di segmen low MPV. NMC menyediakan 10 unit dari dua varian, yakni SV dan XV untuk menjalani rute Kaliurang-Bayat-Pantai Sundak dan berakhir di Candi Ratu Boko berjarak sekitar 170-an km, 24 Mei lalu.

Beragam kondisi jalan dan jenis tikungan yang dilalui sangat cocok untuk merasakan performa mesin generasi baru HR15DE dengan dual injector. Sekaligus juga merasakan kenyamanan dan kestabilan MPV baru Nissan yang suspensi belakang memakai per daun.

Harus punya tega

KompasOtomotif bersama tiga media lainnya mendapat Evalia bertransmisi manual, tapi varian termewah yang sudah dilengkapi DVD dengan layar monitor di plafon, kamera dan sensor parkir serta kunci kontak model Immobilizer.

Sebelum jalan, KompasOtmotif yang berada di belakang kemudi, coba memanfaatkan keunggulan yang dipunyai MPV ini, yakni menyetel batas maksimal putaran mesin di 2.500 rpm, idling 900, dan kecepatan maksimum 90 kpj. Dipilih segitu karena rute yang diterabas dari Kaliurang menuju peristirahatan Bayat sejauh 40 km lebih tergolong ringan, meski ada jalan tanjakan dan menurun, hanya cocok untuk menguji kestabilan.

Panel instrumen di atas terpusat pada multi information display (MID) yang menyatu dengan petunjuk putaran mesin berupa digital, pemakaian konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, kecepatan rata-rata. Cara penyetelannya dengan menekan tombol sebelah kiri yang terletak pada indikator speedometer, lalu ke luar menu pilihan (speed, idling, timer dll).

Dengan adanya pembatasan itu, sangat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Jadi, ketika putaran mesin sudah melewati batas, pada layar MID muncul tanda panah dan disampingnya ada huruf "A" berkedip-kedip menandakan gigi persneling harus dinaikkan. Begitu juga sebaliknya, ketika menghadapi jalanan menurun cukup panjang menggunakan gigi 2 sambil mengandalkan engine brake, tapi putaran mesin 3.000 rpm, tanda akan menyala (berarti naikkan ke gigi 3).

Soal mesin baru HR15DE ini, KompasOtomotif merasakan tenaganya galak mulai 2.000 rpm ke atas. Apalagi dipadu dengan rasio gigi yang pendek untuk gigi 1 dan 2, membuat Evalia jadi agresif. Hanya, bila genjotan awal dimulai dengan putaran mesin rendah (di bawah 2.000 rpm) kegalakan mesin tak terasa. Jadi, di awal itu harus punya rasa tega, terlebih bila putaran mesin menyentuh 1.800 rpm, ketika pedal gas ditekan keras, ada jedahnya.

Bodi rolling kecil
Soal kenyamanan, meski suspensi belakang menggunakan per daun, goyangan bodi tidak terlalu kuat. Gejala ini terasa saat menjalani rute dari Bayat menuju pantai Sundak yang sarat tikungan dan diselingi jalan rusak. Dan KompasOtomotif beralih jadi penumpang di baris kedua.

Mungkin ini tertolong oleh desain moncong sangat aerodinamis, sehingga memberi hambatan angin kecil. Terlebih jika keempat roda yang memakai pelek 14/165 diganti 15/175/65, goyangan dan bantingan bisa lebih baik. Walau konsumsi bahan bakar sedikit lebih boros dari yang sekarang.

Nah, ketika pulang dari Candi Ratu Roko ke Kaliurang, KompasOtomotif dapat transmisi matik. Perlakukannya harus lebih tega dari manual bila ingin melakukan akselerasi. Untuk mendapatkan tenaga awal yang baik, bisa menggunakan persneling dua, termasuk kala menghadapi jalan tanjakan. Termasuk saat melintasi jalan terjal ke Gunung Merapi untuk melakukan pemotretan, masih bisa melesat mengandalkan gigi 2. Kalau pun harus ke gigi satu, hanya sebentar untuk dapatkan akselerasi.

Hanya, ketika mengoperasikan tongkat persneling, semisal dari "P" ke "D" harus melihat petunjuk di MID sudah sesuai atau belum. Karena, posisi gigi pada tuas transmisi tidak diterangi lampu.



SUMBER
Reade more >>

Kebijakan Insentif Mobil Hibrida Meluncur Juni 2012


Jakarta, Automotive Blog — Pemerintah bertekad segera menyelesaikan insentif fiskal untuk mobil hibrida di Indonesia dalam waktu dekat. Menteri Perindustrian MS Hidayat mengaku, pemerintah mengeluarkan kebijakan mobil hibrida bulan depan.

"Saya jamin Juni (2012) keluar! Salah satu insentif yang kita tawarkan adalah PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah)," ujar Hidayat dalam Rapat Kerja Menteri Perindustrian dan Komisi VI DPR di Senayan, Jakarta Selatan, Senin (28/5/2012). Tepatnya, mobil hibrida tidak lagi dikenalkan pajak pertambahan nilai barang mewah!

Dijelaskan, Hidayat pekan ini bakal berjumpa dengan Menteri Keuangan untuk membicarakan paket insentif. Setelah rumusan selesai, baru akan mengajak produsen mendiskusikan lebih lanjut paket insentif tersebut. Keringanan pajak akan diberikan untuk mobil hibrida CBU dalam periode waktu tertentu, dengan catatan selanjutnya mau merakit secara lokal (CKD).

Bila pemerintah memberikan insentif untuk mobil hibrida, harganya akan lebih kompetitif. "Kebijakan berlaku untuk semua merek. Kendati demikian, pada tahap awal kita akan tawarkan ke Toyota. Mereka (Toyota) meminta waktu insentif impor CBU hibrida untuk 2-2,5 tahun. Namun, saya menginginkannya setahun atau paling lama 1,5 tahun. Setelah itu sudah produksi," tegas Hidayat.

Budi Darmadi, Dirjen Indusri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, menambahkan, insentif mobil hibrida yang ditetapkan akan bernaung di bawah payung paket kebijakan Low Carbon Emmision Technology. Nantinya tidak cuma untuk mobil hibrida, tetapi semua mobil ramah lingkungan yang dipasarkan di Indonesia.

"Kami belum menentukan apa besarannya. Pastinya bukan kapasitas mesin. Mungkin dari seberapa besar karbon yang dihasilkan atau tingkat konsumsi bahan bakarnya," beber Budi.


SUMBER
Reade more >>

Pembangunan Pabrik General Motors di Indonesia Dikebut


Jakarta, Automotive Blog - General Motors Indonesia (GMI), tetap mengoperasikan pabriknya sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk merakit MPV 7-penumpang di Indonesia pada awal 2013. Malah, kini pembangunan pabrik dikebut agar bisa beroperasi jadwal.


“General Motors telah menetapkan Indonesia menjadi salah satu basis produksinya di Asean. Mobil yang dibuat di Indonesia bukan hanya untuk pasar domestik, juga untuk diekspor. Karena itulah GM berani melakukan investasi 150 juta dolar di Indonesia,” jelas Yuniadi.


Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Pemasaran baru GMI, Yuniadi Haksono Hartono dan Direktur Komunikasi GMI, Maria Sidabutar, minggu lalu dalam percakapan dengan beberapa wartawan di Jakarta. Juga dijelaskan, Tim (Timothi) E. Lee, bos GM Internasional yang bermarkas di Shanghai, China juga sudah melihat langsung proses pembangunan pabrik ini beberapa minggu lalu.

“General Motors telah menetapkan Indonesia menjadi salah satu basis produksinya di Asean. Mobil yang dibuat di Indonesia bukan hanya untuk pasar domestik, juga untuk diekspor. Karena itulah GM berani melakukan investasi 150 juta dolar di Indonesia,” jelas Yuniadi.

Tantangan
Yuniadi yang sebelumnya berkarir 20 tahun di Mercedes-Benz Indonesia, mengatakan kepindahannya ke GMI berdasarkan prospek dan komitmen yang dijalankan GM di Indonesia.

“Bagi saya setelah melihat perkembangan terakhir GM di Indonesia, harus berani mencoba kesempatan dan tantangan yang ditawarkan. Kami manajemen baru namun muka lama, harus kembali membangun dan memperkuat jaringan pemasaran GM di Indonesia. Khususnya, merek Chevrolet yang sudah dikenal sangat dikenal dari dulu, ” lanjutnya.

Untuk meningkatkan daya saing atau penjualan Chevrolet di Indonesia, tahun ini GMI akan melengkapi produk yang dipasarkannnya menjadi 8 model. Saat ini, baru dipasarkan 5 model yaitu Orlando (MPV), Colorado (pikap), Cruze (sedan), Spark (hatchback mini)dan Captiva (SUV).

Namun Yuniadi belum mau merinci tiga model baru yang segera diluncurkan di Indonesia. Namun yang saudah pastikan atau Aveo (hatchback subkompa) atau sekarang sudah berganti nama menjadi Sonic. Tambahan lain adalah Chevrolet Trailblazer. GMI juga memasarkan sedan khusus untuk komersial (taksi), yaitu Lova.


SUMBER
Reade more >>

Bos Toyota Coba Camry Nascar 2013


Florida, Automotive Blog - CEO Toyota Motor Co. (TMC), Akio Toyoda kembali beraksi memperlihatkan keahliannya mengemudi. Dirinya mencoba Camry Nascar 2013 yang belum diluncurkan secara resmi di lintasan sesungguhnya di Daytona International Speedway, Florida, Amerika Serikat. Sebelumnya, pada Februari lalu menjelang diluncurkannya GT 86, Toyoda melakukan aksi drifting di lintasan tanah dan salju.

Toyoda berada di balik kemudi ditemani pebalap kawakan Nascar, Kyle Busch. Terlihat dalam video bagaimana Toyoda sangat serius memperhatikan arahan yang diberikan serta ekspresi wajah setelah memutari beberapa lap. Bahkan Busch tampak senang saat mendampingi dan cukup terkejut dengan keahlian yang dinilai cukup baik untuk ukuran seorang CEO.



SUMBER
Reade more >>

Gempa Mengancam Produksi Ducati


Bologna, Automotive Blog - Pabrik Ducati di Bologna, Italia, rusak akibat gempa berkekuatan 6,0 skala Richter pada akhir pekan lalu. Beberapa vendor ikut terkena gangguan alam tersebut sehingga menghambat produksi. Gempa yang melanda Italia pada 20 Mei, itu berpusat pada wilayah Emilia-Romagna di Italia Utara atau sekitar 22 km utara Bologna yang telaha menghilangkan tujuh nyawa dan ribuan tempat tinggal.

Pabrik Ducati Borgo Panigale memang tidak secara langsung terkena efek gempa bumi itu, tapi dampak paling besar dirasakan pada beberapa pemasok lokal superbike kebanggan Italia itu. "Kami selalu melakukan kontak dengan para pemasok dan terus memantau situasinya," jelas Gabriele Del Torchio, Ducati Chief Executive Officer.

Keprihatinan utama bagi Ducati yaitu pada produsen material Ducati, Scacchetti Foundry yang mengalami kerusakan bangunan parah dan pada TMM di Finale Emilia yang memproduksi sistem knalpot Ducati. Ferrari menawarkan untuk merelokasi pabrik Scacchetti yang memproduksi material Ferrari.


SUMBER
Reade more >>

Transmisi Bermasalah VW Minta Maaf ke Konsumen


Beijing, Automotive Blog - VW boleh bangga memiliki transmisi kopling ganda, DSG sebagai teknologi terkini. Namun pada kenyataannya, seperti yang dilaporkan autoevolution pada akhir pekan lalu, di China teknologi tersebut menuai banyak masalah. Atas kejadian tersebut, VW secara resmi meminta maaf atas ketidaknyamanan dan akan menuntaskan serta menambah garansinya hingga 10 tahun atau 160.000 km.

Kejadian berawal munculnya beragam keluhan dari konsumennya dan berujung pada kampanye perbaikan massal, awal Februari lalu. Kendati VW menampik dengan hanya menyebutkan pemanggilan tersebut bersifat perbaikan perangkat lunak dan tidak berhubungan dengan keselamatan. Namun kerusakan tersebut terus bergulir dan menyebabkan 500.000 unit yang terlapor mengalami kerusakan dan kembali ke diler mereka, baik VW maupun Skoda yang juga menggunakan fitur serupa.

Masalah ini cepat meluas dan cukup mempengaruhi kredibilitas mereka di pasar China. Meski pihaknya yakin memiliki cara untuk mendongkraknya lebih dari sekedar memberi garansi lebih lama.

Keanekaragaman masalah pada DSG yang dikeluhkan para konsumen di China setelah diteliti para teknisi ternyata bermuara pada program di komputer gearbox. Jenis kerusakan beragam dan hanya bisa diperbaiki dengan memprogram ulang.


SUMBER
Reade more >>

Penjualan untuk entry mewah merek GM menurun, dan pembeli muda tetap skeptis


DETROIT, Automotive Blog - Buick, Jenderal bertingkat Motors merek yang telah pementasan muncul kembali dengan kuat karena hampir tidak bertahan 2009 restrukturisasi GM, telah memukul sebuah lubang.

Penjualan Buick telah jatuh selama tujuh bulan berturut-turut, diikat dengan Cadillac untuk kehilangan beruntun terpanjang di antara 41 merek yang dijual di Amerika Serikat. Tapi tidak seperti Cadillac, yang memiliki dua nameplates baru datang musim panas ini, Buick tidak memiliki kendaraan baru atau didesain ulang naik untuk menyelamatkan.

Pertanyaan yang dihadapi Buick adalah apakah kemerosotan adalah tanda masalah yang lebih dalam atau sakit hanya berkembang sekarang bahwa GM akhirnya telah mendapatkan serius tentang posisi Buick untuk menantang entry mewah merek seperti Acura dan Infiniti.

Sebagian besar kehilangan momentum penjualan Buick adalah akibat perbuatan sendiri, sebagai GM mengambil langkah untuk memoles citra merek dan meningkatkan nilai residu. Sebagai contoh, GM telah dipanggil kembali penjualan Buick untuk perusahaan persewaan mobil, sebuah praktek yang selama bertahun-tahun telah mengikis nilai merek.

Penjualan Buick kepada pelanggan armada - sebagian besar di antaranya adalah perusahaan persewaan mobil - turun sebesar dua per tiga dalam empat bulan pertama 2012 dari tahun sebelumnya tingkat.

Skala kembali menandai pergeseran strategis utama untuk Buick, yang secara historis mengandalkan sewa-armada penjualan untuk memindahkan logam. Pada tahun sebelum resesi dan pra-kebangkrutan tahun 2007, misalnya, penjualan armada menyumbang sekitar 15 persen dari penjualan Buick itu. Tahun ini, hingga April, mereka 7 persen, juru bicara GM mengatakan.

Buick juga telah turunkan pada insentif konsumen - langkah lain yang mengikis penjualan dalam jangka pendek - dengan harapan bahwa ia akan membayar dividen di jalan dalam bentuk citra yang lebih baik dan harga yang lebih tinggi. Melalui April, belanja insentif Buick turun menjadi 10,1 persen dari harga transaksi rata-rata per kendaraan, dari 11,5 persen pada periode yang sama tahun lalu, data menunjukkan TrueCar.com.

Lebih sewa dilihat sebagai suatu keharusan
Pada saat yang sama, Buick bekerja untuk membuat sewa yang lebih kompetitif. Dealer mengatakan bahwa sangat penting jika Buick ingin bersaing di ruang mewah masuk, di mana penetrasi sewa puncak 50 persen untuk beberapa merek.

Eksekutif GM mengatakan mendapatkan jangka panjang mengalahkan posisi yang tepat Buick ada kekhawatiran jangka pendek angka penjualan.

"Kami mengambil pendekatan yang sangat disiplin untuk merek Buick," kata Brian Sweeney, wakil presiden penjualan dan layanan untuk Buick-GMC. "Kami sedang membangun sebuah rumah yang baik, dasar yang baik."

Sedangkan persentase penurunan dalam penjualan armada adalah jauh ke dalam dua digit, penjualan ritel belum bagus baik. Penjualan ritel menurun 5 persen hingga April. Tambahkan dalam penjualan armada, dan total penjualan Buick dalam empat bulan pertama kali datang ke 52.782, turun 16 persen.

Sebaliknya, penjualan GMC naik 2 persen menjadi 124.487. Kebanyakan dealer Buick juga menjual merek truk GMC.

Seperti baru-baru musim gugur yang lalu, permintaan cepat selama Crossover Buick Enclave besar dan sedan Regal telah membantu merek untuk 24 bulan berturut-turut naik penjualan, salah satu berjalan industri terpanjang. Untuk semua tahun 2011, penjualan Buick naik 14 persen, setelah melonjak 52 persen pada 2010.

Tapi permintaan untuk Regal Enclave dan telah merosot. Enclave mendapat reskinned untuk model tahun 2013, sedangkan Regal, yang diluncurkan pada akhir tahun 2009, kemungkinan tidak akan mendapatkan tambahan yang signifikan selama dua tahun.

Eksekutif GM dan Buick banyak dealer yakin bahwa penurunan baru-baru hanyalah sebuah jeda. Kedua kelompok rave bahwa jajaran tumbuh sedan dan crossover sudah jauh membaik selama hanya beberapa tahun yang lalu - sebuah pandangan yang didukung oleh tajam nilai residu yang lebih tinggi dan review produk padat.

Tahun lalu Buick kendaraan rata-rata diperkirakan akan mempertahankan 46 persen dari nilai mereka setelah 36 bulan, naik dari 39 persen pada 2008, menurut data dari ALG. Para residu pada Verano Buick adalah 48 persen, sama dengan yang dari Audi A3 dan kompetitif dengan mobil lain di segmen premium kompak ALG, termasuk C30 Volvo dan Lexus 200h CT, masing-masing diproyeksikan untuk memegang 49 persen dari nilainya setelah 36 bulan.

GM juga sedang mengusahakan layanan yang lebih baik dari lebih ramping jaringan Buick GMC-dealer, yang telah menyusut ke 2.121 waralaba tahun lalu, dari 2.705 pada awal 2008.

Buick-GMC dealer meluncurkan program kesopanan loaner bagi pelanggan layanan. Pelanggan Buick dealer skor kepuasan sudah berada di antara tertinggi No industri, peringkat 2 dari 21 pasar massal merek di tahun 2012 JD Power and Associates Pelanggan Studi Indeks Layanan.

'Mayor sukses'
"Pedagang yang terlibat dan membeli ke arah merek mengalami sukses besar," kata Mike Bowsher, yang memiliki dua Buick GMC-toko di daerah Atlanta dan satu di Orlando.

Merek Buick 109 tahun diselamatkan dari talenan selama restrukturisasi GM karena penjualan yang kuat di China, pasar otomotif terbesar di dunia. Jual hampir kendaraan yang sama di benua dijalankan menurunkan biaya pengembangan. Buick tahun lalu adalah Nomor 5 merek di Cina, menjual 645.829 unit - hampir empat kali lebih banyak menjual di Amerika Serikat.

Sementara itu yang terkecil dari empat merek GM di Amerika Serikat, Buick membantu GM menarik pembeli baru: Empat puluh satu persen pembeli Buick tahun 2011 berasal dari non-GM merek, naik dari 29 persen pada tahun 2007, GM mengatakan.

Bowsher, co-ketua Buick-GMC Dealer Dewan Nasional, adalah salah banyak dealer terkejut dengan momentum Buick yang hilang. Dia mengatakan tokonya 'Buick penjualan naik 46 persen untuk tahun hingga April.

Selain penurunan penjualan armada, manajer GM menunjuk ke terakhir pentahapan keluar dari penuaan Buick Lucerne. Tetapi mereka kehilangan sebagian besar unit telah diimbangi dengan baru Buick Verano, mobil kecil pertama merek sejak awal 1990-an, yang diluncurkan pada bulan Desember.

Swapping mobil-mobil akan membantu citra mengganggu Buick sebagai merek pensiunan '. Dengan empat kecepatan transmisi dan batang gua, Lucerne itu adalah ketidaksepakatan akhir dari tua-sekolah Buick. Para Verano, yang didasarkan pada Opel Astra, ditujukan untuk pembeli muda mencari rasa pertama mereka mewah.

Dealer menyebutkan dua menyeret besar pada penjualan Buick:

1. Merek persepsi.

Sebuah gambar kolot masih menempel merek bahkan sebagai Buick gulungan keluar Eropa yang diturunkan dari mobil dengan rapi, desain kencang seperti Regal, yang merupakan sepupu dari lambang Opel. Hal ini dibangun di Osh-awa, Ontario.

Dalam membeli mobil edisi bulan April, Consumer Reports dinilai semakin tinggi Regal daripada S60 Volvo dan Audi A4 antara sedan sport kompak. Lingkaran peringkat keenam dari 22 SUV mewah. Keduanya mendapat nilai rendah untuk keandalan, meskipun, yang merupakan masalah yang mengganggu, menurut majalah itu.

"Saya berjuang melawan yang baik setiap hari tentang persepsi," kata Steve Cappellino, dealer Buick-GMC dekat Buffalo, NY "Aku akan memberitahu seseorang aku seorang dealer Buick dan mereka akan berkata," Oh, ayah saya memiliki satu , 'atau,' Kakek saya memiliki tiga '. "

Meskipun upaya GM untuk posisi Buick terhadap merek-merek mewah impor seperti Acura dan Infiniti, penelitian menunjukkan bahwa konsumen benjolan Buick dengan merek seperti Ford dan Toyota. Pada bulan April, mereka adalah dua merek paling berbelanja oleh konsumen yang juga sedang mempertimbangkan Buick, menurut Edmunds.com.

2. Leasing strategi.

Cappellino menggemakan sentimen dari dealer Buick banyak: Caranya adalah membujuk calon pembeli untuk mendapatkan di belakang kemudi untuk menghilangkan gambar lama-orang kolot. Mereka berharap program sewa baru akan membantu.

Pada bulan Maret, GM meluncurkan sebuah kesepakatan 24 bulan sewa, dijuluki Pengalaman Buick, yang meliputi perawatan rutin, radio satelit dan OnStar.

Sejak itu, Cappellino mengatakan lalu lintas showroom telah menjadi terkuat tahun ini. Tapi itu belum dibalik penurunan bulanan Buick penjualan.

Sweeney mengatakan program tersebut telah membantu penetrasi sewa nasional mendorong Buick hingga 30 persen. Dia mengharapkan itu untuk mendaki lebih tinggi.

Sampai rencana sewa baru, penetrasi sewa mobil Buick yang berdiri sekitar 15 persen. Itu di bawah rata-rata industri sekitar 22 persen dan jauh lebih rendah dari merek Buick menargetkan, seperti Acura, Lincoln dan Infiniti, yang sewa penetrasi berkisar dari 35 persen menjadi lebih tinggi dari setengah dari penjualan.

Leasing hampir kering untuk dealer GM selama krisis keuangan 2008-09.

Buick GMC-dealer telah terjebak mencoba untuk menjual Buick dengan pembayaran sewa bulanan yang lebih tinggi dari saingan 'dalam kategori entry-mewah, di mana pembayaran sewa yang kompetitif sangat penting untuk sukses. Itu sangat menyakitkan dalam sewa-berat pasar seperti Timur Laut, di mana tingkat sewa dapat melebihi 40 persen untuk sedan.

Sekarang Buick adalah iklan sewa 24-bulan pada Enclave untuk uang muka dan $ 433 per bulan, termasuk pemeliharaan, satelit radio dan OnStar. Itu $ 20 lebih murah daripada sewa 39-bulan tanpa gratis yang telah menawarkan Buick sebelumnya.

Sebaliknya, pembeli bisa mendapatkan sewa 36-bulan pada Acura MDX SUV $ 449 per bulan ditambah $ 2.999 ke bawah.

'Hilang perahu'
"Mereka hilang perahu, dan mereka menyadarinya," kata Cappellino.

Greg Heath, wakil presiden di Mark Christopher Auto Center di Ontario, California, mengatakan penawaran sewa lebih baik membantu mendorong penjualan Buick-nya hingga 15 unit pada bulan April, dari rata-rata tiga atau empat bulan sebelumnya.

Tapi Heath, yang toko mendapat waralaba Buick tahun 2009, mengatakan bahwa ia membutuhkan 25 penjualan per bulan untuk mendapatkan hasil yang layak investasi.

"Jika produk itu jelek, aku akan mengatakan, 'Ini akan menjadi pertempuran panjang,'" kata Heath. "Tapi produk yang baik Dan sekarang. Ini pembayaran sewa sangat fenomenal.

"Jika kita tidak melihat Buick penjualan naik dengan apa yang kita lempar ke pasar sekarang," katanya, "maka malu pada kami."

Penjualan Buick kehilangan momentum
Buick penjualan
Unit% Perubahan
2010155,38952%
2011177,63314%
2012, Januari-April52,782â € "16%




SUMBER
Reade more >>

Garda Oto Luncurkan Asuransi Berhadiah Asuransi


Jakarta, Automotive Blog - Berminat mengasuransikan mobil Anda? Garda Oto yang merupakan salah satu dari produk Asuransi Astra Buana - asuransi mobil - menawarkan program “Beli Asuransi Langsung Gratis Asuransi” yang telah dijalan Mei ini.


“Artinya, begitu mobil diasuransikan, pemilik juga memperoleh asuransi kecelakaan selama 24 jam, baik saat mengemudikan mobil atau pun tidak,” jelas Hendry Yoga


Tepatnya, jika pemilik mobil mengasuransikan mobilnya di Garda Oto, akan mendapat asuransi diri, yang disebut Garda Persona. “Artinya, begitu mobil diasuransikan, pemilik juga memperoleh asuransi kecelakaan selama 24 jam, baik saat mengemudikan mobil atau pun tidak,” jelas Hendry Yoga Direktur Asuransi Astra kepada wartawan kemarin. Sedangkan pembayaran premi, tidak mengalami perubahan, sesuai dengan harga mobil yang telah dijalan Garda Oto selama ini.

Tetang nilai pertanggungan untuk asuransi diri, menurut Hendry maksimal Rp 500 juta. “Kendati demikian tergantung pada harga mobil yang diasuransikan. Bila harga mobil Rp 150 juta, maksimalnya, ya... segitu,” bebernya.

Dijelaskan pula, target utama dari program ini adalah pembeli mobil bekas (used car buyer) dan pembeli yang sudah selesai masa cicilnya. Menurut Hendry, potensi pasar pembeli mobil bekas atau yang sudah selesai masa cicilnya, jauh lebih besar di bandingkan dengan mobil baru.

“Masalahnya, akses mereka sangat rendah. Sekarang kami menawarkan kepada mereka. Khusus untuk mobil bekas yang berumur sampai 10 tahun,” ungkap Hendry

Komprehensif
Pada saat yang sama juga dijelaskan ketentuan Kementerian Keuangan yang baru tentang sistem asuransi yang berlaku saat ini.

“Tidak ada lagi Total Lost atau All-Risk. Pasalnya, dulu sering terjadi persepsi yang salah berdasarkan pandangan konsumen tentang definisi kedua jenis asuransi tersebut. Kini disebut asuransi Komprehensif. Artinya, mobil yang hilang atau mengalami kerusakan 75 persen akan mendapatkan pergantian total. Sedangkan kerusakan kecil, akan mendapatkan perbaikan. Termasuk karena berbagai akibat, misalnya banjir,” beber Hendry.
Kendati demikian, komprehensif tidak termasuk pertanggungan untuk korban pihak ketiga.“Untuk ini ada lagi klausulnya,” tambah Hendry.

Untuk memudahkan konsumen, Garda Oto menawarkan pembayaran polis dengan mencicil melalui penerbit kartu kredit tertentu di Indonesia .


SUMBER
Reade more >>

Aneka Knalpot Modifikasi Dua Tak





Depok, Automotive Blog - Para pemilik sepeda motor 2-tak, usah gusar digeser mesin 4-tak, termasuk juga keberadaan aksesorinya. Kebetulan AHRS menawarkan aneka knalpot modifikasi dan tersedia dalam berbagai pilihan untuk Kawasaki Ninja, Ninja 150 RR dan Yamaha RX-King.

Sistem pengabutan ini diciptakan menggunakan baja tahan panas berkualitas. Selain lebih sporti, tenaga yang dihasilkan bisa terdongkrak 10 persen dari posisi sebelumnya. Tinggal plug-and-play sesuai dengan posisi baut. Banderol dimulai dari Rp210.000 sampai Rp 410.000, belum ongkos pasang. Tertarik ? Langsung sambangi AHRS di Jalan Tole Iskandar No. 162, Depok, Telepon +622-177820649.


SUMBER
Reade more >>

Toyota Selenggarakan Kontes Teknisi Tingkat Nasional


JAKARTA, Automotive Blog - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menggelar kontes ketrampilan layanan purna jual atau teknisi tingkat nasional kategori Teknisi Perbaikan Umum (General Repair Technician) dan kategori Kepala Teknisi (Foreman) di Pusat Pelatihan Teknikal Toyota, Sunter, Jakarta Utara, (26- 27/5/2012). Ajang bertajuk “Toyota National After-Sales Service Skills Contest” (TNASSC) di ikuti finalis regional dari masing masing wilayah serta lima dealer utama Toyota di seluruh Indonesia.

Kontes diikuti 22 peserta, dibagi dalam dua kategori yakni teknisi General Repair (GR) dan Foreman. Titik berat penilaian adalah akurasi, kualitas, kecepatan dan ketaatan sesuai sistem layanan SHE (Safety, Health and Environment).

Untuk GR diharapkan dapat menyelesaikan persoalan teknis dan perawatan berkala sesuai dengan prosedur baku yang telah Toyota ditetapkan Toyota di seluruh bengel resminya di Indonesia.

Bagi Foreman yang dinilai adalah kemampuan membantu para Service Advisor (SA) memberikan penugasan kepada teknisi dengan tepat. "Tujuannnya untuk motivasi dan mengapresiasi para teknisi agar selalu memberikan kualitas dan efisiensi pekerjaan yang tinggi", jelas Johnny Darmawan Presiden Direktur TAM.

Pemenang pertama TNASCC akan dikirim ke “International Customer Service’s Champions Annual Assembly 2013” di Jepang. Di sana, selain berkompetisi dengan teknisi Toyota dari seluruh penjuru dunia dan berkesempatan bertemu langsung dengan Presiden Toyota Motor Corporation.

Toyota Indonesia juga memberikan pembinaan kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui Toyota Technical Education Program (T-TEP). yang diharapkan bisa langsung menjadi SDM siap pakai.



SUMBER
Reade more >>

Ferrari Khusus untuk Eric Clapton




Maranello, Automotive Blog - Pertengahan Maret lalu, Eric Clapton dikabarkan memesan Ferrari. Musisi asal Inggris ini juga pernah mengatakan hasrat terdalamnya terhadap produk "Kuda Jingkrak" dalam sebuah wawancara dengan Ferrari Magazine.

Clapton mengaku jatuh cinta dengan Ferrari, terutama 512 BB. Selama tiga tahun kepemilikan, pemain gitar dan pencipta lagu ini mengaku banyak terinspirasi oleh mobilnya. Keinginannya adalah punya mobil dengan kemampuan Ferrari 458.

Ferrari langsung merespons dan membuat secara khusus Ferrari SP12 EC sesuai keinginan Clapton. Mobil sport tersebut didesain oleh Centro Stile Ferrari bekerjasama dengan Pininfarina dan beberapa insinyur dari Maranello. Mobil tersebut telah diperkenalkan ke publik sebagai salah satu koleksi ikon musik dunia.

Dalam pernyataan resminya, Ferrari mengatakan, proses pembuatan mobil ini mirip dengan mencipta lagu, misalnya memilih tangga nada dan melodi yang tepat, sampai mengisi referain yang manis.

Bagi Clapton, memiliki mobil ini adalah impian yang menjadi kenyataan. "Secara esensi, dimulai dari kanvas putih yang kosong. Inilah salah satu hal yang paling memuaskan dan pernah saya lakukan di dunia," tegas Clapton. Hasilnya sebuah mobil khusus yang unik dan pastinya tidak akan diproduksi lagi.



SUMBER
Reade more >>